Dewan Komisaris

Keanggotaan
Dewan Komisaris terdiri dari tiga anggota:

a. 1 (satu) orang Komisaris Utama
b. 1
(satu) orang Wakil Komisaris Utama; dan 
c. 1
(satu) orang Komisaris Independen

Warga Negara Indonesia atau warga asing yang memenuhi ketentuan-ketentuan yang diatur dalam undang-undang dan peraturan-peraturan yang berlaku, memenuhi syarat untuk diangkat sebagai anggota Dewan Komisaris.

Anggota Dewan Komisaris diangkat oleh Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) untuk jangka waktu 3 (tiga) tahun terhitung sejak tanggal penunjukkan, dengan tidak mengurangi hak RUPS untuk memberhentikan sewaktu-waktu dengan memperhatikan ketentuan perundang-undangan dan peraturan-peraturan yang berlaku.

RUPS dapat menunjuk orang lain untuk mengisi masa jabatan anggota Dewan Komisaris yang diberhentikan atau untuk mengisi lowongan jabatan, dengan mengindahkan ketentuan lain dalam Anggaran Dasar.

Seorang anggota Dewan Komisaris berhak mengundurkan diri dari jabatannya dengan memberitahukan secara tertulis kepada Perusahaan sekurangnya 30 (tiga puluh) hari sebelum tanggal pengunduran dirinya. Perusahaan wajib menyelenggarakan RUPS untuk memutuskan permohonan pengunduran diri anggota Dewan Komisaris dalam jangka waktu paling lambat 60 (enam puluh) hari setelah waktu efektif diterimanya surat pengunduran diri tersebut.

Apabila pengunduran diri tersebut berakibat jumlah anggota Dewan Komisaris menjadi kurang dari 3 (tiga) jumlah anggota, maka pengunduran diri tersebut berlaku apabila disetujui oleh RUPS dan anggota baru dari Dewan Komisaris telah diangkat, sehingga persyaratan minimum mengenai jumlah anggota Dewan Komisaris telah dipenuhi.

Jabatan anggota Dewan Komisaris berakhir apabila:

a. Dinyatakan pailit atau ditaruh di bawah pengampuan berdasarkan suatu putusan pengadilan;
b. Tidak lagi memenuhi persyaratan perundang-undangan yang berlaku;
c. Meninggal dunia;
d. Diberhentikan berdasarkan keputusan RUPS;
e. Mengundurkan diri dengan memperhatikan Pasal 15 ayat 6 Anggaran Dasar Perusahaan; atau
f. Berakhirnya masa jabatan.

Tugas dan Wewenang

a. Tanpa membatasi tugas dan kewenangan dari Direksi, Dewan Komisaris melakukan supervisi dan pengawasan kegiatan-kegiatan Direksi.

b. Dewan Komisaris setiap waktu dalam jam kerja kantor Perusahaan berhak memasuki bangunan dan halaman atau tempat lain yang dipergunakan atau yang dikuasai oleh Perusahaan dan berhak untuk memeriksa semua pembukuan, surat dan alat bukti lainnya, memeriksa dan mencocokkan keadaan uang kas dan lain-lain serta berhak untuk mengetahui segala tindakan yang telah dijalankan oleh Direksi.

c. Dalam menjalankan tugas-tugasnya, Dewan Komisaris berhak untuk mendapatkan penjelasan dari Direksi atau masing-masing anggota Direksi tentang hal-hal yang dimintakan oleh Dewan Komisaris.

d. Apabila seluruh anggota Direksi diberhentikan sementara dan Perusahaan tidak mempunyai seorangpun anggota Direksi maka untuk sementara Dewan Komisaris 

 

Rapat Dewan Komisaris (berdasarkan data Laporan Tahunan 2015)
Frekuensi dan Tingkat Kehadiran Rapat Rapat Dewan Komisaris diselenggarakan sekurang-kurangnya 1 kali dalam 2 bulan dan setiap saat jika diminta seseorang atau lebih anggota Dewan Komisaris. Kuorum Rapat Dewan Komisaris tercapai jika lebih dari setengah anggota Dewan Komisaris hadir atau diwakilkan dengan kuasa kepada Komisaris lain.

Selama tahun 2015, Dewan Komisaris telah mengadakan 9 (sembilan) kali rapat, termasuk di dalamnya rapat bersama Direksi, yang dituangkan dalam Keputusan Sirkuler Dewan Komisaris dan DIreksi. Pada Rapat tersebut, Dewan Komisaris mendapatkan laporan Direksi mengenai isu-isu operasional, pemasaran dan status keuangan dan akunting Perseroan.

Beberapa Keputusan Sirkuler Rapat Dewan Komisaris periode 2015:

  • Pada tanggal 20 Maret 2015, Rapat Dewan Komisaris memutuskan untuk melakukan penunjukkan anggota Komite Audit untuk periode 2015;

 

  • Pada tanggal 13 Mei 2015, Rapat Dewan Komisaris sehubungan dengan penunjukkan Komisaris Utama sebagai Ketua Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan yang akan dilaksanakan pada tanggal 5 Juni 2015;

 

  • Dewan Komisaris mengadakan rapat pada tanggal 2 Desember 2015 sehubungan dengan pembentukan dan penunjukkan Komite Nominasi dan Remunerasi untuk periode 2015.